Headlines News :
Home » » fungsi tombol dalam maktabah syamilah

fungsi tombol dalam maktabah syamilah

Written By MAHRUSIN on Rabu, 09 Mei 2012 | 04.37


Maktabah Syamilah, adalah salah satu program perpustakaan digital yang memuat ribuan kitab kuning baik karangan ulama salaf terkenal maupun ulama kholaf temporer. dan beberapa diantaranya buletin islami, kumpulan fatwa-fatwa dan memuat kitab-kitab warisan Islam dari Fikih, Hadits, Tafsir, Sastra, dan lain sebagainya. Maktabah ini sangat cocok dan mulai digunakan didunia Pesantren, atau majelis-majelis ilmu organisasi keislaman, bahkan perguruan tinggi Islam. Buku-buku yang terkandung didalam program ini seluruhnya berbahasa arab. Software gratisan ini diakui atau tidak telah membantu banyak tholabul ilmi dalam mencari referensi di bidang ilmu-ilmu keislaman. Entah berapa banyak skripsi, thesis dan disertasi yang 'memanfaatkan' kemudahaan fasilitas pencarian di Maktabah Syamilah. 

Petunjuk Fungsi tombol dalam Maktabah Syamilah
Selama ini banyak yang bingung dengan fitur atau cara penggunaan maktabah syamilah. Padahal semuanya sudah dijelaskan di bagian musa’adah. Bagi yang paham dengan bahasa arab pasti sangat mudah untuk memahaminya. Namun tidak sedikit pula yang belum bisa bahasa arab dan ingin menggunakan manfaat dari maktabah syamilah. Maka, Saya akan mencoba memberikan instruksi atau cara pengoperasian dasar dalam maktabah syamilah.

Berikut ini adalah fungsi - fungsi tombol dalam Maktabah Syamilah:

keterangan masing-masing tombol yang terdapat dalam toolbar Maktabah Syamilah tersebut. Dimulai dari paling kanan hingga ke kiri:
Membuka daftar kitab yang tersedia dalam Maktabah Syamilah Anda. Bisa juga diakses dengan cara mengklik gambar muka Maktabah Syamilah. Di bagian bawah tersedia kotak pencarian nama judul kitab.
Membuka kitab dalam versi penuh. Sebuah kitab biasanya ditampilkan dalam versi mini  (muncul dalam layar yang agak sempit karena adanya menu-menu lain) tatkala ditampilkan dari menu hasil pencarian atau kitab tafsir yang ditampilkan dari pilihan ayat al-Qur’an. Ketika itu terjadi, tombol ini dapat membuat kitab tersebut ditampilkan dalam versi penuh seolah dibuka dari daftar kitab secara langsung.
Membuka dan menutup daftar indeks sebuah kitab yang sedang dibuka.
Menutup sebuah kitab/layar yang aktif.
Melakukan pencarian kata tertentu dari halaman yang sedang aktif/terbuka.
Pencarian kata tertentu dalam al-Qur’an (Caranya akan dibahas di bawah).
Catatan: Bila tombol ini ditekan ketika sebuah kitab sedang terbuka, maka akan berubah menjadi panel pencarian kata dalam kitab yang aktif tersebut. Saya tidak menyarankan untuk mencari kata dari suatu kitab dengan tombol ini karena hasil pencarian tidak akan tampil dalam daftar, melainkan dikunjungi satu-persatu hingga tidak efisien.
Pencarian kata kunci tertentu dari koleksi kitab Maktabah Syamilah (Caranya akan dibahas di bawah).
Membuka hasil pencarian terakhir. Bila sebelumnya anda melakukan pencarian kata kunci tertentu, maka tombol ini berfungsi menampilkan hasil pencarian tersebut tatkala Maktabah Syamilah dihidupkan ulang.
Menampilkan daftar hasil pencarian yang tersimpan.
Navigasi halaman. Dari kanan ke kiri adalah: halaman pertama, halaman berikutnya, halaman sebelumnya, halaman terakhir.
 Membuka panel al-Qur’an. Dari panel tersebut anda dapat membaca al-Qur’an pada bagian yang anda inginkan. Di panel bagian atas terdapat daftar kitab tafsir yang terinstal dalam koleksi Maktabah Syamilah anda. Ketika membuka suatu ayat tertentu kemudian salah satu judul kitab tafsir tersebut diklik, maka akan tampil tafsir ayat yang dimaksud dalam tafsir tersebut dalam versi tampilan mini.
Menampilkan takhrij hadith. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke kitab syarahnya.
Menampilkan versi pdf dari kitab yang sedang dibuka. Hanya berlaku bagi kitab yang didownload dari situs resminya dan telah di link ke file versi pdf-nya.
Membuka panel profil. Bila anda memblok suatu nama yang ada dalam sanad hadith kemudian anda mengklik tombol ini, maka akan muncul profil nama tersebut dengan lengkap beserta komentar para ahli takhrij tentangnya.
Impor kitab ke dalam koleksi Maktabah Syamilah. Digunakan untuk mengintegrasikan kitab baru yang didapat dari teman atau didownload dari internet ke dalam Maktabah Syamilah. (Caranya dijelaskan di bawah).
Menulis tahrir (koreksi).
Membuka panel Ghurfat al-Tahakkum yang memungkinkan anda mengatur konten Maktabah Syamilah, semisal menghapus kitab, merubah kategori dan pengaturan lain-lain.
Membuka panel pengarang. Untuk mengakses data para penulis kitab yang ada dalam koleksi Maktabah Syamilah.
Copy dan Paste. Untuk mengcopy teks tertentu, gunakan tombol ini agar rujukannya disertakan dalam teks yang di-copy.
Ekspor kitab. Digunakan untuk meng-ekstrak kitab yang menjadi koleksi Maktabah Syamilah ke dalam format lain untuk dibagikan atau dicetak. Format yang didukung antara lain: .bok,  .txt, .doc dan .pdf. (Caranya dijelaskan di bawah).
Kartu pustaka. Untuk menampilkan data kitab yang terpilih/terbuka yang meliputi informasi pengarang, jumlah jilid, penerbit, tahun penerbitan dan keterangan lain seperti cocok tidaknya kitab tersebut dengan versi aslinya/versi cetaknya. Informasi seperti ini penting bagi anda yang berniat menjadikan Maktabah Syamilah sebagai referensi karya ilmiah. Untuk standart ilmiah, sebaiknya pilih kitab yang penyusunan halamannya sesuai dengan versi cetak (muwafiq lil mathbu‘).
  Live update. Digunakan untuk mengupdate koleksi kitab Maktabah Syamilah dari situs resminya. Vitur ini hanya tersedia di versi 3 yang terkoneksi dengan internet. Ketika diaktifkan, akan muncul pilihan kitab-kitab baru yang belum ada dalam koleksi Anda. Tandai/centang kitab yang hendak didownload.
Ket: Bila ada kitab yang tidak dicentang/tidak mau didownload, maka akan muncul pertanyaan yang kurang lebih isinya: “Anda memutuskan untuk tidak memilih beberapa kitab, apakah anda akan memasukkan kitab tersebut ke dalam daftar kitab yang diabaikan?” Tekan Na’am bila anda tidak mau memunculkan kitab yang diabaikan itu dalam daftar update berikutnya dan tekan La bila anda masih berniat mendownload kitab tersebut di waktu mendatang.
Setting Maktabah Syamilah. Berisi berbagai pengaturan seperti pemilihan font, warna font, warna layar, gambar latar belakang dan lain-lain.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. MAHRUSIN' BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger