Headlines News :
Home » , , , , » "sea water electro chemical cell" dari ITS

"sea water electro chemical cell" dari ITS

Written By MAHRUSIN on Rabu, 16 Mei 2012 | 10.10


Postingan Kali ini juga masih membahas tentang ITS ( Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ).

Selain kehebatannya dalam bidang robotika. Ternyata masih banyak prestasi – prestasi serta kehebatan yang di cetak oleh para mahasiswa ITS ( Institut Sepuluh Novemer Surabaya ) ini.

Mahasiswa kreatif itu pun terdiri dari beberapa orang yang bernama Rizky fauzi, R Zainal Fatah, Iqbal Safirul Barqi, Yusuf Hasan Habibie dan Derry Pradana. Mereka adalah didikan murni ITS yang telah berhasil merubah air laut menjadi cahaya lampu.

Ternyata keberhasilan dari mereka tidak diraih dengan mudah begitu saja.. mungkin mereka meyakini konsep atau peribahasa yaitu “ Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda “ atau juga “ Kegagalan adalah awal dari sebuah keberhasilan”.

Mereka membuktikan diri setelah tahun lalu mereka gagal dengan percobaan yang sama. Akhirnya mereka pun lebih berpengalaman mengatasi masalah yang terjadi dan lebih mengembangkan konsepnya.

Inovasi ini muncul ketika mahasiswa – mahasiswa kreatif tadi memikrkan Para nelayan yang notabene bekerja lepas pantai. Melalui Program Kerja Mahasiswa-Karya Cipta (PKM-KC), mereka menelurkan ide Sea Water Electro Chemical Cell (SWECELL).

Ide kreatif yang mereka tawarkan merupakan sebuah desain sampan berbahan bakar air laut melalui proses elektrolisa. Alat tersebut akan menghasilkan listrik yang dijadikan penerangan para nelayan. ''kekurangannya, alat ini mudah konslet,'

Pertama - tama, mereka mencoba alat tersebut di daerah Kenjeran. Kehadiran mereka yang disambut baik oleh para nelayan, menunjukkan adanya dukungan terhadap penggunaan alat ini. ''Di sana juga sempat konslet karena ada yang bocor,''

Ternyata selama ini penggunaan lampu genset sebagai alternatif oleh nelayan masih belum mengurangi penggunaan bahan bakar. Selain menelan biaya yang besar, suara bising dari genset justru mengakibatkan jauh dari keberadaan ikan. Berbeda dengan alat SWECELL ini. Selain ramah lingkungan, juga tidak menimbulkan suara bising yang berakibat pada ikan hasil tangkapan.
Untuk mengunjungi website resmi ITS, Silahkan klik link DISINI 

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. MAHRUSIN' BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger