Headlines News :
Home » , , » maktabah syamilah dan keunggulannya

maktabah syamilah dan keunggulannya

Written By MAHRUSIN on Jumat, 11 Mei 2012 | 06.00

Maktabah Syamilah, adalah salah satu program perpustakaan digital yang memuat ribuan kitab kuning baik karangan ulama salaf terkenal maupun ulama kholaf temporer. dan beberapa diantaranya buletin islami, kumpulan fatwa-fatwa dan memuat kitab-kitab warisan Islam dari Fikih, Hadits, Tafsir, Sastra, dan lain sebagainya. Maktabah ini sangat cocok dan mulai digunakan didunia Pesantren, atau majelis-majelis ilmu organisasi keislaman, bahkan perguruan tinggi Islam. Buku-buku yang terkandung didalam program ini seluruhnya berbahasa arab. Software gratisan ini diakui atau tidak telah membantu banyak tholabul ilmi dalam mencari referensi di bidang ilmu-ilmu keislaman. Entah berapa banyak skripsi, thesis dan disertasi yang 'memanfaatkan' kemudahaan fasilitas pencarian di Maktabah Syamilah.

Kelebihan maktabah syamilah sangat banyak sekali, namun telah hadir versi  terbaru 2012 dengan keunggulan – keunggulan sebagai berikut ; 
1.     Penomoran halaman sesuai dengan kitab aslinya, dengan menyebutkan cetakan, tahun, pengarang, muhaqqiq dan ditempatkan pada folder tersendiri. Sedang kitab yang penomoran halamannya dilakukan secara otomatis diberi tanda pada folder tersendiri dengan istilah “ muraqqam aliyan” .
2.    Banyak terdapat kitab-kitab baru yang tidak tercantum pada edisi sebelumnya, misalnya Nihayatul Matlab karya Imam Al-Juwaini, Manarul Qori’ karya Hamzah Qasim, Syarah Jami’ at-Tirmidzi karya Assuyuti dll. Penambahan edisi baru ini kurang lebih 100 kitab terkenal, belum termasuk edisi update-nya sekitar 100 kitab lagi.
3.    Banyak terdapat revisi dari edisi sebelumnya, misalnya kitab Dalilul Falihin dan Syarah Ibn Alan (Syarah Riyadus Shalihin) yang pada edisi sebelumnya hanya tercantum juz 1 saja, kini sudah lengkap 2 juz, Syarah Shahih Ibn Hibban kini sudah lengkap 6 jilid, at-Tafsir al-Muyassar, Siyar A’lam an-Nubala’, Majallatul Buhuts, Fatawa al-Lajnah ad-Daimah, Aisar at-Tafasir, At-Tadzhib ala Matnil Ghayah wat Taqrib dan masih banyak lagi.
4.    Kitab-kitab hadis semakin lengkap dan terpercaya keasliannya. Misalnya shahih bukhari, dalam edisi ini disajikan beberapa versi, ada yang berharakat dan ada juga yang penomoran disesuaikan dengan kitab asli yang mu’tamad oleh Syeikh Abdul Baqi, dilengkapi dengan komentar oleh Dr. Musthafa Dibul Bagha dan dikaitkan dengan syarahnya serta terdapat layanan takhrijul Hadits.
5.  Pada edisi baru 2012, antara kitab matan dengan syarahnya tidak hanya dipisahkan dengan garis dan posisi, tapi juga warnanya dibuat berbeda.
6.   Tampilan dan isi dari katalog kitab semakin lengkap dan sempurna (tahun, pengarang, penerbit, cetakan, judul, kota penerbit, biografi pengarang).
7.  Pengurutan kitab didasarkan pada tahun wafat pengarangnya, sehingga bisa dibedakanantara kitab turots, ashry, salaf dan khalaf.
8.   Jumlah kitab pada edisi ini 5173 kitab dengan kapasitas 13 GB, belum termasuk kitab baru yang bisa di update-langsung dari softwarenya sekitar 300 kitab (1 GB) dan selalu ditambah. Kalau dibanding edisi sebelumnya yang mencapai 10.000 kitab, seakan lebih sedikit versi yang baru ini, namun dari segi kualitas isi, pemilihan kitab, keteraturan urutan, kelengkapan katalog buku jauh lebih bagus versi yang baru.
9.    Bagi yang ingin memberikan support finansial kepada tim pembuat “Maktabah Syamilah” disediakan tombol “al-musahamah (partisipasi)”, dan bisa mengirimkan uang via Paypal dan beberapa rekening yang ditentukan.
10. Disediakan fasilitas setting update otomatis, tanpa harus mengklik menu ” at-tarqiyah al-hayyah” setiap waktu.

Progam – Program Kompilasi Kitab digital seperti maktabah syamilah ;
Maktabah Al Marji' Al Akbar
software kumpulan ribuan kitab sebagaimana asy syamilah, begitu cepat dan sangat komphrehenseif, bayangkan saja kalo syamilah butuh beberapa menit untuk mencari suatu lafad dalam satu bidang kitab, maka al marji' hanya butuh 0.00001 detik, maka data yang anda inginkan sudah tersedia dari 12.000 jilid kitab yang ada.
Marji' mempunyai fitur yang lengkap, jumlah kitab yang relatif komplit, dan disertai dengan puluhan theme yang indah serta naskah yang ada dijamin keotentikannya, tidak seperti naskah-naskah yang ada di maktabah syamilah, yang kadang hilang dan tak lengkap serta sumbernya tidak menentu.

Selain itu masih ada lagi seperti ; Maktabah Jami’ al-Fiqhi Al-Islamiy, Mausu’ah Al-Fatawi Al-Kubro dll.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. MAHRUSIN' BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger